Home / GADGET / Rekomendasi Aplikasi Pendukung Ibadah di Bulan Ramadan

Rekomendasi Aplikasi Pendukung Ibadah di Bulan Ramadan

Smarteen.co.id –- Bulan Ramadan adalah bulan yang istimewa. Di zaman yang serbacanggih ini, untuk membuat hari-hari selama Ramadan makin dipenuh semangat, kita bisa memanfaatkan aplikasi pendukung ibadah yang bisa diunduh lewat smartphone android.

Tidak bisa dipungkiri lagi jika saat ini smartphone menjadi salah satu jenis gadget yang tidak bisa lepas dari genggaman anak-anak muda. Di mana pun dan kapan pun, sebagian besar anak muda selalu membawa smartphone-nya. Tak terkecuali di bulan Ramadan yang penuh berkah ini.

Nah, agar keberadaan smartphone tidak mengganggu jalannya aktivitas ibadah di bulan Ramadan, sebaiknya Sobat Smarteen menginstal beberapa aplikasi pendukung ibadah berikut ini sebagai Ramadan starter pack.

Jadi, keberadaan smartphone kesayangan yang selalu kamu bawa ke mana-mana itu justru bisa menjadi sarana agar senantiasa khusyuk melakukan berbagai amalan ibadah di bulan Ramadan.

Nah, apa saja aplikasi-aplikasi yang Smarteen rekomendasikan? Simak ulasannya berikut ini…

Aplikasi Al-Qur’an Indonesia

Aplikasi Pendukung Ibadah

Aplikasi Al-Qur’an Indonesia bisa dibilang sebagai aplikasi pendukung ibadah yang ‘wajib’ Sobat Smarteen miliki nih. Kenapa? Soalnya aplikasi ini benar-benar bakal memudahkan kamu yang ingin membaca Al-Qur’an sewaktu-waktu.

BACA JUGA: Aplikasi BiP Messanger, Aplikasi Buatan Turki yang Bisa Gantikan WhatsApp

Cukup menggunakan smartphone, kamu bisa membaca Al-Qur’an sekaligus terjemahannya, dan juga bisa mendegarkan MP3 murotal. Komplet banget, kan? Ukuran aplikasi ini pun hanya 16 MB.

Aplikasi Umma

Aplikasi Pendukung Ibadah

Ingin tahu jadwal waktu salat dan petunjuk arah kiblat? Aplikasi Umma jawabannya. Aplikasi 34 MB ini sangat detail menyediakan jadwal waktu salat sekaligus arah kiblat di berbagai wilayah. Jadi sangat mendukung banget harapan Sobat untuk bisa salat awal waktu selama Ramadan ini.

Selain itu, Aplikasi Umma juga memiliki fitur lain yang tak kalah menarik dan bermanfaat untuk mengisi hari-hari Ramadanmu. Ada berbagai artikel dan video yang berisi siraman rohani dari para ustaz, ada juga ulasan-ulasan lain yang tak kalah seru seputar bulan Ramadan seperti resep masakan untuk sahur dan berbuka. Komplet juga, kan?

Aplikasi Pendukung Ibadah Kesan

Aplikasi Pendukung Ibadah

Kesan atau Kedaulatan Santri Aswaja merupakan aplikasi berukuran 49 MB yang berguna sebagai media reminder bagi kita untuk melakukan berbagai amalan kebaikan. Lewat fitur Nudging, pengguna akan senantiasa diingatkan untuk melakukan amalan positif dan islami melalui notifikasi relevan dan aktual. Pasti seru banget, kan? Kita nggak bakal lupa lagi nih untuk melakukan kebaikan hanya karena berbagai kesibukan duniawi.

Aplikasi Asisten Amalku

Aplikasi Pendukung Ibadah

Kamu masih ingat dengan buku catatan amalan atau lembar muthaba’ah Ramadan yang harus selalu diisi saat kita masih kecil, nggak? Hari ini puasa atau tidak, dicatat. Salat Tarawih berjamaah atau tidak, dicatat dan minta tanda tangan imam.

Nah, aplikasi Asisten Amalku ini kurang lebih fungsinya sama dengan lembar muthaba’ah. Hanya saja, ini versi digital. Cocok buat kamu yang sudah bukan anak kecil lagi. Hehe.

Asisten Amalku akan membantu kamu mengerjakan amalan-amalan harian. Aplikasi ini terdiri dari beberapa fitur utama, yaitu Amal Harian, Kalender Puasa, Masjid Sekitar, Salat 40 Hari, Target Amalku, dan Statistik Amalan. Ukurannya cuma 12 MB aja.

Aplikasi Hafalan Quran

Aplikasi Pendukung Ibadah

Ini adalah aplikasi game. Meski begitu, bukan berarti tak bermanfaat untuk meningkatkan kualitas ibadah kita. Lewat aplikasi pendukung ibadah ini, kita justru bisa menghafal ayat-ayat Al-Qu’an dengan cara yang lebih asyik.

BACA JUGA: 5 Aplikasi Menggambar di Android Smartphone Terbaik

Ada beberapa mode yang bisa dipilih, ada mode permainan dan mode baca. Salah satu permainan yang bisa Sobat lakukan adalah dengan membaca ayat tertentu, lalu diminta untuk melanjutkan. Ada pilihan gandanya. Seru pokoknya, apalagi di akhir permainan ada nilai yang diberikan. Menghafal Al-Qur’an jadi makin asyik. Ukuran aplikasi ini adalah 39 MB.

Aplikasi Jadwal Kajian Sunnah Indonesia

Aplikasi Pendukung Ibadah

Ini juga termasuk aplikasi yang keren dan sangat membantu kita, khususnya kalau kita ingin mengikuti suatu kajian di wilayah tertentu. Aplikasi ini menghadirkan kemudahan untuk mencari masjid maupun tempat yang mengadakan kegiatan majelis ilmu.

Di samping itu, aplikasi yang hanya berukuran 4,2 MB ini juga akan memberikan informasi tentang ustaz, judul kajian, dan waktu diadakannya majelis ilmu. Belum lagi video-video kajian, doa-doa harian, dan juga artikel-artikel islami. Pas banget buat menemani hari-harimu di bulan Ramadan ini. []

About admin

Check Also

cara mengembalikan file yang terhapus

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

Smarteen.co.id — Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk  adalah pertanyaan yang paling banyak dicari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *