Home / GADGET / 5 Aplikasi Menggambar di Android Smartphone Terbaik

5 Aplikasi Menggambar di Android Smartphone Terbaik

Smarteen.co.id — Kamu suka menggambar, punya smartphone, tetapi masih sering menggambar di atas kertas? Hm, kenapa tidak coba untuk ‘menyulap’ smartphone canggihmu itu menjadi kanvas? Selain kekinian, menggambar di smartphone juga penuh sensasi baru, lho. Nggak percaya? Coba deh 5 aplikasi menggambar di android smartphone  terbaik berikut ini. Dijamin, karya kamu nggak akan kalah keren dari karya-karya yang dibuat dengan aplikasi menggambar di desktop (PC).

Aplikasi Menggambar PicsArt

PicsArt

Aplikasi ini bernama lengkap PicsArt Photo Editor, sehingga tak heran jika banyak orang yang lebih mengenalnya sebagai aplikasi edit foto. Namun sebenarnya, PicsArt juga bisa diandalkan untuk menggambar karena tersedianya fitur drawing tools.

Lewat fitur ini, pengguna bisa menggambar apa pun dengan berbagai macam jenis tools yang tersedia, seperti brush, tipe pensil untuk menggambar, hingga menentukan layer-nya.

Selain itu, PicsArt juga menjamin hasil dan kualitas gambar lebih jernih dan baik. Nah, kamu tertarik mencobanya? Langsung download saja di Play Store ya, ukurannya sekitar 29 MB.

Aplikasi Menggambar SketchBook

SketchBook

SketchBook merupakan aplikasi android yang kini dikembangkan oleh Autodesk. Ia memiliki 10 tools draw, yaitu pensil, 2 pena, 2 kuas dengan ukuran berbeda, semacam spidol, 2 brush, dan 2 penghapus dengan opacity yang berbeda.

Selain itu, SketchBook juga memiliki fitur zoom hingga 2500 persen. Sehingga, kamu yang ingin menggambar secara detail, dapat memanfaatkan fitur ini. Kemudian, buat kamu yang ingin menggambar berdasarkan foto atau gambar lain, SketchBook juga dapat kamu sisipi foto untuk dijiplak (trace) pada layer baru.

BACA JUGA: 7 Aplikasi Edit Video di Smartphone Buat Kamu yang Pengin Jadi Youtuber

Lumayan lengkap, kan? Kalau penasaran untuk mencoba, langsung unduh saja di Play Store, gratis. Ukurannya sekitar 67 MB.

Aplikasi Menggambar Adobe Illustrator Draw

Adobe Illustrator Draw

Adobe memang dikenal sebagai aplikasi yang populer untuk melakukan editing gambar, bahkan juga untuk menggambar. Namun, ternyata Adobe tidak hanya tersedia di PC saja. Pasalnya, Adobe Illustrator Draw hadir di Play Store sebagai salah satu aplikasi menggambar via android.

Aplikasi ini bisa melakukan zoom sampai 64 kali untuk menampilkan rincian halus objek. Tak hanya itu, Adobe Illustrator Draw juga menyuguhkan berbagai keunggulan lain yang bisa kamu maksimalkan untuk menggambar.

Antara lain, mampu menggambar banyak sketch dengan lima varian pena berbeda, mampu bekerja dengan beberapa gambar sekaligus (berlapis-lapis), mampu membentuk vector baru, dan sebagainya.

Kalau kamu ingin menggunakannya, langsung unduh dan install dari Play Store dengan ukuran 36 MB.

Aplikasi Menggambar ArtFlow

ArtFlow

Khusus untuk ArtFlow, sebuah sumber menyebut bahwa aplikasi ini bisa bekerja dengan optimal pada Samsung S Pen dan Nvidia Direct Stylus. Namun demikian, jika smartphone kamu tidak dibekali stylus, kamu tetap dapat menggunakannya. Hanya saja, performanya kurang bisa maksimal.

Secara umum, ArtFlow memiliki berbagai fitur istimewa untuk menggambar. Ada lebih dari 70 jenis kuas dan alat-alat lainnya, 16 layer, undo tak terbatas, serta kanvas hingga ukuran 4096 x 4096 piksel, dan sebagainya.

Aplikasi ArtFlow dapat diunduh secara gratis di Play Store dengan ukuran 11 MB saja. Namun, ada pula versi Pro yang berbayar dan tentu saja menawarkan sejumlah fitur yang lebih mumpuni.

Aplikasi Menggambar Painter Mobile

Painter Mobile

Ini adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Corel dan memungkinkan kamu untuk membuat sketsa atau lukisan kapan dan di mana saja. Dengan aplikasi ini, impor file ke Corel Painter di desktop juga jadi lebih mudah.

BACA JUGA: Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik di Smartphone yang Harus Banget Dicoba!

Painter Mobile memberikan beberapa fitur yang menarik, seperti efek unik, simetri lukisan, two finger canvas rotation, dan kemampuan untuk bekerja hingga 20 layer. Aplikasi ini bisa diunduh gratis di perangkat android dengan ukuran 15 MB. Namun, jika ingin menggunakan lebih banyak jenis kanvas atau menyimpan gambar dengan format PNG, kamu harus membeli Painter Mobile versi Pro.

Selain aplikasi-aplikasi di atas, masih banyak aplikasi menggambar lain yang bisa Sobat coba. Silakan search di mesin pencari internet. Jika benar-benar ingin serius, kamu bisa menekuni setidaknya satu jenis aplikasi menggambar ini. Kalau bisa lebih dari satu, jauh lebih baik. []

About Ibnu Majah

Check Also

Foto Backlight

Teknik Memotret Situasi Backlight Biar Hasilnya Estetik

Smarteen.co.id — Situasi yang paling sering ditemui saat pemotretan outdoor adalah backlight. Mengatasi situasi ini, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *