Home / INSPIRASI / Ayo Jadi Remaja yang Menginspirasi Orang Lain!

Ayo Jadi Remaja yang Menginspirasi Orang Lain!

Oleh:
Setia Furqon Kholid
Motivator dan Direktur Setia Training Center

Smarteen.co.id — Keberadaan remaja yang menginspirasi orang lain untuk senantiasa melakukan hal-hal positif apakah sudah benar-benar hilang dari muka bumi? Semoga tidak!

Sobat, zaman sekarang, banyak anak-anak muda yang mulai apatis. Cuek dengan permasalahan di sekitar dan teperdaya dengan permainan-permainan yang melenakan.

Misalnya, remaja cowok sibuk dengan game Mobile Legend, remaja cewek keasyikan nonton drama Korea, ibu-ibu keasyikan nonton telenovela.

Akhirnya kita lupa dengan esensi hidup ini, bahwa hidup ini hanya sekali, untuk mempersembahkan yang terbaik untuk Allah Swt. Maka di rentang waktu yang Allah berikan ini, tugas kita adalah memberikan karya terbaik kita untuk kemaslahatan banyak orang.

Saya terinspirasi dari sebuah kisah tentang kapal. Di mana ada ratusan orang yang berada di sebuah kapal, ya bisa dibayangkan seperti Titanic.

Ketika ada kebocoran di bagian kapal, orang-orang hanya bilang, “Hei, itu dibenerin dong! Tugas siapa sih! Mana kapten kapalnya?” Banyak orang yang hanya bisa ngomong, komentar, dan yang lainnya hanya bisa marah-marah.

BACA JUGA: Tips Sukses di Usia Muda ala Setia Furqon Kholid

Setelah sekian waktu, ada satu orang yang berusaha menutup kebocoran itu dengan barang-barang seadanya, dengan kain, drum bekas, dan yang lainnya. Setelah itu, ada beberapa orang yang ikut membantu, tetapi terlambat, kapal hampir karam.

Ini pelajaran berharga untuk kita. Banyak orang yang ketika melihat kemungkaran hanya berdiam diri atau cuma berkomentar, tetapi siapa yang mau jadi solusi?

Kalau kita sebagai anak dari 5 bersaudara. Jadilah anak yang paling sukses, paling membahagiakan orang tua, paling banyak membantu adik-adiknya, maka kita pasti banyak didoakan orang tua sehingga hidup kita jadi lebih berkah. Bukan sebaliknya, kita jadi anak yang paling susah diatur dan paling banyak bikin masalah.

Di sekolah, ambillah peran untuk jadi remaja yang solutif. Jadilah ketua OSIS, Rohis, dan ketua organisasi yang lain. Kenapa? Karena ketika kita punya kemampuan, tetapi kita tidak mengambil peran, bisa jadi nanti yang terpilih jadi pemimpin adalah orang yang negatif.

Saya terinspirasi dari film yang sedang hits, Avanger: Infinity War. Ternyata, kunci menjadi seorang hero adalah bagaimana dia mau lebih berkorban untuk kemanfaatan banyak orang ketimbang diri sendiri.

Ketika dia masih memikirkan diri sendiri, maka dia bukanlah pahlawan. Jadilah Sobat hero dalam kehidupan ini, jadilah pemimpin di masa yang akan datang dengan mengambil peran dengan solutif. []

About admin

Check Also

muslimah penemu galaksi

Mengenal Burcin Mutlu-Pakdil, Muslimah Penemu Galaksi

Smarteen.co.id — Burcin Mutlu-Pakdil merupakan seorang muslimah penemu galaksi. Kehidupan Mutlu-Pakdil bisa dibilang cukup relate …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *