Home / NETIZEN / Empat Cara Ubah Kekecewaan Jadi Keikhlasan

Empat Cara Ubah Kekecewaan Jadi Keikhlasan

Smarteen.co.idAssalamu’alaikum Sobat. Kecewa itu sulit untuk dihilangan. Sobat pernah nggak kecewa, karena sekolah yang kita idamkan ternyata nggak berjodoh dengan kita?

Hal yang wajar kalau kita kecewa. Namun, akan lebih baik untuk segera mengubah kekecewaan menjadi keikhlasan. Aku punya empat cara mengubah kekecewaan menjadi keikhlasan.

Pertama, kamu adalah dirimu. Terkadang kekecewaan membuat kita putus asa dan menyalahkan orang-orang di sekeliling kita. Padahal, kita bisa mengevaluasi kenapa tidak berjodoh dengan sekolah yang diidamkan.

Namun, jangan merasa bersalah dulu, anggap saja kita perlu perbaikan. Jangan segan ya, mengevaluasi diri sendiri dan membuat perubahan lebih baik.

Kedua, kamu tidak sendiri. Hal yang membuat kita semakin kecewa adalah merasa sendiri. Tanpa sepengetahuan kita, banyak lho yang merasakankan rasa yang sama.

Kita bisa bertanya kepada teman-teman di sekolah, apakah merasa kecewa mendapatkan sekolah itu dan menanyakan gimana sih mengatasi kekecewaan itu. Atau apa sih yang membuat kekecewaan hilang.

Ketiga, kamulah pikiranmu. Saat kecewa, kita cenderung berpikir, sekolah yang kita dapat tak sebaik sekolah yang diidamkan.

BACA JUGA: Ciri Orang Beriman; Saling Mengingatkan, Bukan Menyalahkan

Kita bisa bertanya pada guru-guru di sekolah, apa saja prestasi yang pernah diraih sekolah. Lalu, apa saja peluang prestasi yang bisa kita raih. Hm, kita juga bisa melihat visi dan misi sekolah.

Keempat, kamu dan keyakinanmu. Dalam kekecewaan sulit sekali menemukan keyakinan. Sobat, yakinlah tiada usaha yang gagal.

Ketika tidak berjodoh dengan sekolah yang diidamkan, ada beberapa kemungkinan yang harus diyakini. Yaitu Allah Swt sedang mempersiapkan rencana baik yang tidak kita ketahui, Allah Swt melatih kita untuk lebih bersyukur, dan Allah Swt ingin kita mengikhlaskan kekecewaan itu. Itulah empat cara mengubah kekecewaan menjadi keikhlasan. Jadi, hanya tinggal kamu dan rasa ikhlasmu. Wassalamu’alaikum.[]

Oleh:
Niken Arinda
SMA Negeri 1 Cawas, Klaten

About admin

Check Also

dibully karena fisik

Pengalaman Hidup: Akan Kubuktikan, Seseorang Tidak Dinilai dari Fisiknya

Smarteen.co.id — Hari itu aku menahan air mataku sekuat tenaga agar tak lagi mengalir di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *