Home / KULINER / Infused Water, Minuman yang Populer Sejak Zaman Rasulullah, Mudah Dibuat dan Kaya Manfaat

Infused Water, Minuman yang Populer Sejak Zaman Rasulullah, Mudah Dibuat dan Kaya Manfaat

Smarteen.co.id — Cara sehat sangat beragam. Salah satunya dengan rajin minum air putih ataupun infused water. Ada orang-orang yang pada dasarnya suka minum air putih tanpa ditambah apa pun. Hal ini baik, sebab air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Di antaranya, air putih mampu menghidrasi dan membantu meregulasi suhu tubuh, melindungi kesehatan organ vital, serta membuat kulit tetap sehat.

Namun demikian, ada beberapa orang yang tidak terlalu suka mengonsumsi air putih. Bagi mereka, air putih yang hambar membuat lidah cepat merasa bosan, tak dapat dinikmati. Sehingga, untuk memenuhi asupan cairan yang dibutuhkan tubuh, orang-orang ini cenderung gemar mengonsumsi air dengan tambahan perasa; misalnya kopi, teh, sirup, sampai minuman ringan (soft drink).

Minum minuman tersebut tidak salah, tetapi jika dilakukan terus menerus, justru dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh, mempercepat dehidrasi, sampai membuat perut kembung. Apalagi, kalau kamu benar-benar tak mau mengonsumsi air putih.

Nah, buat Sobat Smarteen yang tak begitu suka minum air putih secara langsung, kali ini Smarteen punya ide yang bisa dicoba agar kamu sedikit demi sedikit mulai suka minum air putih.

Yap, caranya adalah dengan membuat infused water. Minuman ini, selain dapat membantu kamu lebih menyukai air putih, juga memberikan berbagai manfaat luar biasa lainnya bagi tubuh. Nggak percaya? Coba deh buktikan sendiri!

Minuman sehat infused water

Infused Water Sudah Populer Sejak Zaman Rasulullah

Oh ya, omong-omong, apa sih infused water itu? Minuman ini sebenarnya amat populer dan memiliki sejarah yang panjang. Dilansir dari abiummi.com, Rasulullah pun telah mengonsumsi infused water yang dibuat dari kurma atau kismis, minuman tersebut bernama nabeez.

Pada zaman itu, Nabi Saw mengonsumsi nabeez yang dibuat dari kurma atau kismis yang direndam dalam air matang selama 12 jam, dan kurma yang sudah lembut langsung dimakan sekali telan.

Minuman ini disebutkan memiliki banyak sekali manfaat, antara lain sebagai pemulih tenaga atau energi setelah seharian berpuasa, baik untuk jantung dan pencernaan karena tinggi serat, dan menjadi sumber zat besi yang baik untuk produksi hemoglobin.

BACA JUGA: Hikmah Larangan Meniup Makanan

Saat ini, seiring perkembangan zaman, ‘bentuk’ infused water pun kian beragam. Bukan hanya kurma dan kismis saja yang dapat dijadikan ‘bumbu’ dalam infused water, melainkan berbagai buah segar lainnya, bahkan sayur-mayur. Lantas, bagaimana cara membuatnya?

Cara Membuat Infused Water

Untuk membuat infused water, hal pertama yang perlu Sobat siapkan adalah air putih dingin yang sudah dimasak, buah/sayur segar (bisa lemon, belimbing, kurma, tomat, wortel, dan sebagainya), serta botol minum/tumbler.

Selanjutnya cuci dan potong buah/sayur tersebut, bisa satu jenis buah/sayur saja atau menggunakan beberapa jenis sekaligus. Kemudian, masukkan ke dalam botol minum yang telah diisi air putih. Tutup rapat botol, dan simpan selama kurang lebih 12 jam—lebih baik lagi jika kamu simpan di lemari pendingin.

Setelah itu, jadi deh infused water-nya. Kamu bisa segera meminum airnya, sekaligus memakan buah/sayur hasil rendamannya—kalau mau. Pastinya, rasanya telah berbeda, tak seperti air putih biasa.

Sangat mudah dibuat, kan? Namun jangan salah, minuman ini tetap kaya manfaat. Dikutip dari hellosehat.com, infused water diyakini mampu menurunkan berat badan, mencegah penuaan kulit, menjadi detoks yang dapat membuang racun dari dalam tubuh, membantu tubuh tetap terhidrasi, kaya vitamin, dan melancarkan sistem pencernaan.

Wow, banyak banget kan manfaatnya? Yuk mulai coba buat infused water. Semoga dapat membantu menjaga kesehatan Sobat semuanya. []

About Ibnu Majah

Check Also

Kuping Gajah

Daftar Makanan yang Namanya Aneh tapi Rasanya Enak, Wajib Dicoba!

Smarteen.co.id — Apakah Sobat semua pernah makan kue kering berbentuk bulat pipih dan sedikit cekung, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *