Home / CURHAT / Saran Dokter, Inilah Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah yang Aman

Saran Dokter, Inilah Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah yang Aman

Assalamualaikum, dokter. Saya mau tanya, bagaimana cara mengecilkan pori-pori? Kemudian, wajah saya termasuk kategori berminyak, bagaimana mengatasinya? Terima kasi. [Nida, Boyolali, 08131142xxxx]

Diasuh oleh:
dr. Siti Maysaroh
Dokter Klinik Rawat Inap SOLOPEDULI

Smarteen.co.idWa’alaikumsalam wr. wb. Perlu dipahami bahwa pori-pori kulit adalah semacam lubang dari pangkal rambut di kulit. Ia berfungsi mengeluarkan keringat dan minyak untuk melembapkan kulit.

Ukuran pori-pori bisa kecil atau besar. Hal ini dipengaruhi berbagai faktor, seperti genetik, hormon, makanan, stres, dan paparan sinar matahari. Selain itu, area tertentu pada wajah, misal hidung dan dahi, memang cenderung berpori-pori lebih besar.

Pada pori-pori besar, kotoran, minyak, atau make up akan tertimbun dan menutup pori-pori. Hal ini memicu timbulnya komedo atau jerawat. Sementara itu, wajah berminyak salah satunya juga dipengaruhi oleh pori-pori yang cenderung besar.

pori-pori wajah

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengecilkan pori-pori adalah (1) menjaga makanan sehat dan hindari stres, (2) pilih produk pembersih wajah dan make up yang tepat. Di antaranya non-komedogenik, (3) jauhi paparan sinar matahari langsung, (4) gunakan bahan alami yang berkhasiat mengecilkan pori-pori secara rutin.

Apa sajakah itu? Berikut beberapa yang kami rangkum dari berbagai sumber. Pertama, jeruk, jeruk nipis, dan lemon. Buah-buahan ini kaya antioksidan dan vitamin C. Sehingga dapat membantu kulit terhindar dari jerawat, mengatasi minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati, dan mengecilkan pori-pori. Oleskan air perasan jeruk/jeruk nipis/lemon pada wajah, lalu diamkan 15 menit.

BACA JUGA:

Kedua, lidah buaya. Caranya, ambil gel lidah buaya lalu oleskan pada kulit wajah. Diamkan 15 menit, lalu bilas. Ketiga, haluskan pepaya, lalu jadikan masker selama 30 menit. Keempat, haluskan stroberi, campur dengan susu, dan gunakan sebagai masker wajah.

Kelima, tomat, mentimun, bengkuang. Ketiganya memiliki kandungan yang dapat mengecilkan pori-pori. Cara menggunakannya, haluskan masing-masing buah, lalu gunakan sebagai masker secara terpisah. Untuk mentimun, Sobat juga bisa mengiris tipis-tipis, kemudian menempelkan pada wajah.  Keenam, kompres wajah dengan es yang dibungkus sapu tangan. Demikian semoga bermanfaat. []

About Ibnu

Check Also

lingkar perut normal

Lakukan Ini Agar Mendapat Lingkar Perut Normal

Smarteen.co.id — Ukuran lingkar perut bisa menjadi salah satu indikator kesehatan seseorang. Artinya, jika seseorang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *