Home / CURHAT / Cara Menentukan Cita-Cita yang Sesuai dengan Potensi Kita

Cara Menentukan Cita-Cita yang Sesuai dengan Potensi Kita

Assalamualaikum. Saya Aulia, siswi SMA. Kemampuan akademik saya cukup baik, saya sering jadi juara kelas. Namun, saya bingung saat ditanya apa pelajaran favorit saya. Saya sebenarnya tidak suka pelajaran-pelajaran itu, tapi saya berusaha untuk tetap mempelajarinya. Ke depan, saya pun bingung ingin jadi apa. Dalam bayangan, saya hanya ingin jadi orang sukses, tapi tidak jelas apa profesinya. Bagaimana saya menyikapi diri saya yang seperti ini? Apa yang sebaiknya saya lakukan? [08313444xxxx]

Diasuh oleh:
Faifda Ariani, S.Psi., Psikolog.
Psikolog Remaja

Smarteen.co.id — Waalaikumsalam. Mungkin Sobat sudah sering dengar ungkapan ‘gantungkan cita-cita setinggi langit’. Itu artinya, kita bebas menentukan cita-cita atau impian yang ingin kita wujudkan di masa depan.

Menetapkan cita-cita memang gampang-gampang susah. Wajar kalau seumuran Sobat, cita-cita dan impian karier masih belum tentu dan berubah-ubah. Namun, enggak ada salahnya Sobat sudah mulai mencari jawabannya sejak sekarang.

Semakin cepat tahu passion dan cita-cita, Sobat semakin bisa  mempersiapkannya sedini mungkin. Sobat bisa memulainya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

menentukan cita-cita

Pertama, apa yang Sobat sukai sejak kecil? Dari hal yang disukai itulah Sobat akan menemukan sesuatu yang istimewa di dalam diri yang bisa dijadikan cita-cita.

Misalnya, sejak kecil Sobat sangat peduli dan senang dengan fashion. Dari sini Sobat bisa menentukan kira-kira bidang kerja apa yang berkaitan dengan fashion. Contohnya menjadi designer pakaian, memiliki bisnis di bidang fashion, atau konsultan di bidang ini.

Kedua, apa minat dan bakat Sobat? Sobat harus bisa mengetahui dengan pasti apa minat terbesar (passion) yang Sobat miliki. Pilih yang benar-benar ingin Sobat tekuni. Kemudian latih dan asah minat itu dengan benar.

BACA JUGA:

Ketiga, sudahkah Sobat mencari informasi tentang beragam profesi? Salah satu poin penting dalam menentukan cita-cita adalah memperluas wawasan. Wawasan akan membuka mata dan pikiran tentang banyak hal yang menarik dijadikan bagian hidup. Semakin luas wawasan, akan semakin mudah memilih cita-cita.

Keempat, apa manfaat cita-cita Sobat bagi sesama? Cita-cita yang baik adalah yang bisa bermanfaat bagi sesama. Niatkan bahwa cita-cita yang Sobat pilih adalah yang bisa memberi manfaat bagi umat. []

About Ibnu

Check Also

tenggorokan serak

Cara Mengatasi Serak karena Kecapekan

Asalamualaikum, Dokter. Setiap habis kecapekan, ketika bangun tidur, suara saya sering jadi serak atau bahkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *