Home / CURHAT / Lakukan Ini Agar Mendapat Lingkar Perut Normal

Lakukan Ini Agar Mendapat Lingkar Perut Normal

Smarteen.co.id — Ukuran lingkar perut bisa menjadi salah satu indikator kesehatan seseorang. Artinya, jika seseorang mempunyai lingkar perut normal, kemungkinan besar ia dalam kondisi yang sehat.

Sementara itu, ketika seseorang memiliki lingkar perut yang jauh dari kata normal, bisa lebih besar ataupun lebih kecil, besar kemungkinannya ia memiliki masalah kesehatan. Bahkan, menurut sebuah sumber, masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan akibat ukuran lingkar perut yang tidak normal adalah masalah yang serius.

Salah satu yang harus kamu ketahui adalah, bahwa ukuran lingkaran perut ini dapat digunakan untuk mengetahui besarnya risiko seseorang terhadap penyakit kardiovaskular.

Tentu Sobat Smarteen tidak ingin kan memiliki masalah dengan kesehatan tubuh? Ditambah lagi, bagi seorang remaja atau pemuda seperti Sobat, ukuran perut menjadi salah satu penunjang penampilan.

Terlalu gemuk dengan ukuran perut yang buncit, ataupun terlalu kurus dengan ukuran perut yang kempis, tentu akan membuat penampilan seseorang berbeda. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga ukuran perut agar senantiasa normal, atau dengan kata lain ideal.

lingkar perut normal

Cara Mengukur Lingkar Perut

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah kita memiliki lingkar perut normal atau tidak. Salah satu langkah yang sederhana akan diulas di bawah ini.

Namun sebelumnya, Sobat harus mengetahui bahwa ukuran perut normal untuk anak-anak dan orang dewasa tentunya berbeda. Lingkar perut normal pada anak usia 12 tahun atau sebelumnya bisa jadi berbeda dengan yang dimiliki anak usia 13 tahun atau selebihnya.

Ukuran perut yang dikatakan normal ini sangat bergantung pada banyak hal, ada banyak faktor yang dapat memengaruhinya. Seperti misalnya usia, jenis kelamin, kebangsaan, dan sebagainya. Kita tidak bisa menentukan lingkar perut normal anak-anak ataupun orang dewasa tanpa memperhatikan berbagai faktor tersebut.

BACA JUGA: Sering Kesemutan, Apakah Berbahaya? Ini Kata Dokter!

Namun secara umum, menurut beberapa sumber, ukuran lingkar perut normal untuk orang dewasa adalah 90 cm dan 80 cm, dengan rincian 90 cm untuk laki-laki dewasa dan 80 cm untuk perempuan dewasa. Tentunya, hal ini pun bukan ukuran mutlak.

Untuk lebuh jelasnya, coba perhatikan dalam tahapan cara untuk mengukur lingkar perut yang baik dan benar berikut ini.

  1. Pertama, kamu harus menyiapkan alat pengukur. Kamu bisa menggunakan pita pengukur seperti yang biasa dipakai oleh para penjahit.
  2. Jika alat untuk mengukur ini sudah ada, tinggal buka pakaian kamu. Hal ini diperlukan supaya pengukuran dapat dilakukan secara akurat, tanpa adanya penghalang apa pun.
  3. saat kamu melakukan proses pengukuran lingkaran perut ini, berdirilah dalam posisi tegak sempurna. Jangan menahan napas, sewajarnya saja.
  4. Lalu, mulailah mengukur perut kamu. Caranya dengan melingkarkan pita pengukur pada perut. Letakkan titik 0 pita pengukur pada bagian pusar, lalu lingkarkan pita mengelilingi perut sejajar dengan pusar.
  5. Jangan menariknya terlalu kuat sampai perut terasa tertekan, jangan pula terlalu longgar. Pastikan posisi tarikan pita pengukur sewajarnya saja.
  6. Angka yang kamu temukan pada pita pengukur, dari titik 0 sampai titik tersebut kembali ke pusar, itulah ukuran perut kamu.

Tabel Lingkar Perut Normal

Setelah kamu menyelesaikan proses pengukuran lingkar perut, kini saatnya untuk mengetahui apakah lingkar perutmu ideal atau tidak. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan membandingkan ukuran perut kamu dengan tabel di bawah ini.

Ini adalah tabel ukuran perut dan hubungannya dengan risiko terhadap penyakit kardiovaskular.

tabel lingkar perut normal

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Bekas Luka (Keloid ) yang Membandel di Kulit

Sementara itu, berikut ini adalah tabel Body Mass Index atau BMI. Tabel ini dapat digunakan untuk panduan memahami apakah seseorang memiliki ukuran tubuh ideal atau tidak. Maka, di sini ukuran perut bukan satu-satunya hal yang harus diperhatikan.

Tabel Body Mass Index

Cara Mendapat Lingkar Perut Normal

Jika sudah tahu cara untuk mengukur lingkar perut, juga tahu apakah dengan ukuran tersebut ukuran lingkar perut kita tergolong normal atau tidak, kini saatnya untuk mendapatkan serta terus menjaga agar lingkar perut senantiasa normal.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Sobat lakukan.

1. Olahraga

Cara ini adalah cara yang paling umum digunakan dan direkomendasikan untuk seseorang. Olahraga memang memiliki banyak manfaat. Bahkan bukan hanya untuk ukuran perut saja, melainkan juga manfaat kesehatan untuk bagian tubuh yang lainnya.

Nah, biar perutmu tetap terjaga ukurannya, kamu bisa melakukan latihan aerobik. Jenis aerobik yang bisa kamu lakukan pun beragam. Cukup yang sedang saja, seperti jalan cepat ataupun senam minimal selama 30 menit per hari secara rutin.

Di samping itu, olahraga seperti lari, push-up, pull up, juga plank juga baik untuk dilakukan. Hanya saja, intensitanya lebih sedikit. Tidak haru setiap hari, 2 kali per minggu saja sudah cukup baik.

2. Makan Makanan Bergizi Seimbang

Setelah menjalankan olaharaga secara rutin, kamu juga harus rajin mengonsumsi makanan bergizi seimbang untuk dapat mempertahankan ukuran lingkar perut agar senantiasa normal.

Makanan-makanan yang bisa dipilih antara lain adalah buah-buahan, biji-bijian, sayur-sayuran yang memiliki banyak kandungan serat. Kacang-kacangan dan juga ikan juga baik karena memiliki kandungan lemak sehat dan juga protein yang tinggi.

BACA JUGA: Cara Sehat dengan 5 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah

Sementara itu, untuk makanan-makanan yang memiliki kandungan gula ataupun lemak jenuh yang tinggi sebaiknya kamu hindari. Hal ini biasanya terdapat pada camilam-camilan atau makanan ringan.

3. Banyak Minum Air Putih

Memperbanyak konsumsi air putuh juga bisa membantumu untuk mendapat sekaligus mempertahankan ukuran perut yang normal. Terlebih, jika aktivitas minum air putih ini dilakukan sebelum makan, sebab hal tersebut diyakini dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Coba deh, kira-kira 30 menit sebelum kamu makan, kamu minum dulu air putih sebanyak 500 ml atau sekitar 2 gelas ukuran sedang. Selain bermanfaat seperti yang yang telah disebutkan di atas, minum banyak air putih sebelum makan juga akan membuatmu nantinya cepat kenyang saat makan. Sehingga, kamu tidak akan makan terlalu banyak. Jadi, terjaga deh lingkaran perutnya.

Demikian ulasan mengenai langkah untuk mendapatkan lingkar perut normal dan juga cara untuk mengukurnya. Semoga bermanfaat. []

About Ibnu

Check Also

ghibah gunjing fitnah

Kata Ustaz tentang Cara Menghindari Ghibah Menurut Islam

Assalâmu’alaikum Wr. Wb. Ustaz, membicarakan orang yang termasuk kategori ghibah itu hanya saat kita membicarakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *